Wednesday, August 15, 2012

Menuju Afrika Selatan Muslim

Assalamualaikum w.w,
Tahukah antum? Afrika Selatan adalah salah satu negara dengan penduduk non-Muslim cukup banyak. Sekitar 80% dari penduduknya adalah penganut agama Kristiani. Hal ini tentu saja menimbulkan citra bahwa salah satu negara yang terletak di tepi selatan Benua Afrika tersebut bukan merupakan sebuah negara muslim, seperti halnya Indonesia, atau bahkan negara-negara di Afrika Utara seperti Mesir, Aljazair, Maroko, dan lain-lain.

Akan tetapi, tahukah antum siapakah ini? Beliau orang penting, lho!




Beliau bernama Syekh Yusuf al-Makassari, seorang ulama sekaligus sufi dari Makassar, Sulawesi Selatan. Nasib beliau cukup tragis, beliau diasingkan ke Cape Town, Afrika Selatan, tahun 1693, setelah sempat dibuang ke Sri Lanka pada 1684. Akan tetapi peranan beliau di sana tidaklah sia-sia, justru membuahkan hasil. Beliau menyebarkan agama Islam dan mewariskan peradaban. Subhanallah, alangkah hebatnya salah satu putra Nusantara zaman dahulu ini. Berjuang, rela berkorban di jalan Allah untuk Islam meski harus melakukannya di negeri orang. Saking berjasanya, pemerintah Indonesia akhirnya memberi gelar Pahlawan Nasional pada beliau tahun 1995. Bahkan tak jarang tokoh pejuang anti-apartheid Afrika Selatan, Nelson Mandela, berziarah ke makamnya. Disebutkan beliau memberi sebuah inspirasi bagi perjuangan melawan rezim apartheid di Afrika Selatan.

Tidak hanya itu, nama beliau juga menginspirasi penamaan sebuah kampung di kota Cape Town, yakni Macassar (diambil dari kota Makassar).




Semoga jejak perjuangan yang dilakukan oleh Syekh Yusuf tersebut dapat diteruskan dan diikuti oleh kita semua, insya Allah. Firman Allah dalam Surah Ali Imran ayat 104: "Hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung."

Semoga bermanfaat dan memberi hidayah pada kita semua.
Wassalamualaikum w.w.

No comments:

Post a Comment